Selasa, 03 Mei 2011

Tugas BLOG SOAL-SOAL DARI BU YENI (Dessy Angraini X2)



1. Apa yang melatar belakangi digunakannya jaringan pada komputer? Yang melatar belakangi digunakannya jaringan pada komputer adalah perkembangan dan kebutuhan atas informasi dan komunikasi yang menuntut komputer yang digunakan untuk saling berhubungan secara luas. Dengan adanya jaringan komputer, akan memudahkan seseorang dalam mencari suatu informasi yang dibutuhkan.


2. Bagaimana perkembangan pola jaringan yang ada dari yang pertama sampai saat ini?
Perkembangan pola jaringan pada awalnya dilakukan pada jaringan yang sangat terbatas yakni dengan menggunakan dua buah komputer. Kemudian berkembang menjadi lebih luas yang dikenal dengan jaringan lokal atau LAN. Dikarenakan adanya perkembangan dan kebutuhan atas informasi dan komunikasi, terbentuklah MAN. Perkembangan kebutuhan yang lebih luas lagi diperlukan jaringan yang lebih luas sehingga digunakan WAN. Dan dengan adanya perkembangan dan kebutuhan atas informasi dan komunikasi yang lebih luas (bersifat global) dalam skala internasional, maka digunakan jaringan internet yang digunakan sampai saat ini.


3. Gambarkan semua topologi jaringan!
Topologi Bus



Topologi Ring







Topologi Star
Topologi Tree








Topologi Mesh



4. Apa yang dimaksud dengan LAN, MAN, dan WAN?
LAN adalah jaringan yang cakupannya relatif sempit, terbatas pada sebuah ruangan atau sebuah gedung atau sebuah kompleks. MAN adalah jaringan yang menghubungkan dua atau lebih LAN, tetapi jangkauannya tidak melebihi wilayah kota atau metropolitan terdekat. WAN adalah jaringan komunikasi data yang mencakup wilayah geografi yang luas dan biasanya memanfaaatkan jaringan komunikasi, misalnya saluran telepon.


5. Dalam jaringan, dikenal topologi jaringan, contohnya MESH. Jika kita memiliki 11 komputer dan akan dibuat jaringan MESH, gambarkan pola jaringannya!
6. Jelasakan sejarah perkembangan pemakaian jaringan internet yang ada saat ini!
Dengan internet, kita dapat memperoleh informasi yang banyak. Untuk para pencari referensi, dapat menggambarkan internet sebagai perpustakaan yang serba lengkap. Saat ini banyak para pemakai internet yang segera mengupload hasil penelitian, penulisan, dan karya terbarunya untuk publikasi dan menyebarkan pada masyarakat luas. Saat ini internet banyak menawarkan barang. Kita dapat membeli barang yang ditawarkan tanpa harus mengunjungi penjual. Sistem ini dikenal sebagai e-commerce. Sekarang masyarakat juga mengenal chatting yang merupakan pola bicara di internet. Selain itu, masyarakat juga mengenal e-mail yang merupakan pengiriman surat yang dapat dilakukan secara langsung dan diterima secara langsung, asal penerimanya sedang online. Masyarakat sering mengupload internet karena internet merupakan sumber bacaan lengkap dan berbiaya murah.

7. Jelaskan apa yang dimaksud dengan WAP?

WAP dalah jaringan yang dikenal sebagai jaringan internet tanpa kabel (nirkabel) yang dalam pengoperasiannya dapat menggunakan bantuan telepon seluler sebagai sarana penghubung.

8. Internet merupakan jaringan komputer yang terhubung secara internasional dan dikenal sebagai dunia 
cyberspace. Jelaskan apa yang dimaksud dengan istilah tersebut!

Maksudnya, internet merupakan dunia maya tanpa batas yang tidak mengenal batas- batas suku, bangsa, dan benua untuk dapat mengakses berbagai macam informasi.

9. Berikan alasan mengapa melalui internet, kita dapat memperoleh informasi yang sangat banyak tanpa batas?
Karena dengan menggunakan internet, kita dapat mengakses situs web yang kita mau. Selain itu, menggunakan internet juga lebih praktis daripada harus membaca koran, membaca artikel, majalah dan lain-lain. Internet juga lebih mudah digunakan oleh orang–orang pada umumnya. Kita dapat memperoleh informasi yang sangat banyak tanpa batas, karena internet memungkinkan kita berhubungan dengan komputer di seluruh dunia. Internet merupakan jaringan terbesar saat ini.

10. Apakah fungsi dari modem, HUB, repeater, bridge, dan router?
Fungsi modem yaitu untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal suara, ataupun sebaliknya. Hubberfungsi untuk menggabungkan beberapa komputer menjadi sebuah kelompok jaringan. Repeater berfungsi untuk memperpanjang rentang jaringan dengan cara memperkuat isyarat elektronis. Bridge berfungsi untuk membagi sebuah jaringan hingga menjadi dua buah jaringan. Router berfungsi sebagai penghubung antar dua atau lebih jaringan untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya.

11. Apakah yang dimaksud dengan ISP? Berikan contohnya!
ISP (Internet Service Provider) merupakan sebuah badan atau perusahaan yang menghubungkan komputer melalui saluran komunikasi ke server ISP yang telah terhubung ke internet. Contohnya: indonet, indosat-net, idola-net, radnet, dan meganet.

12. Apa yang dimaksud dengan user ID? Berikan contoh user ID!
User ID adalah nama pengguna yang dimasukkan sebagai tanda anggota dalam sebuah situs. Misalnya, user ID yang digunakan untuk membuat akun twitter adalah: kusukasemangka. Itu merupakan user ID si pemilik akun twitter tersebut.

13. Apa yang dimaksud dengan DNS? Gambarkan cara mengoperasikan DNS!
DNS (Domain Name System) adalah sebuah sistem yang menyimpan informasi tentang nama host maupun nama domain dalam bentuk basis data tersebar (distributed database) di dalam jaringan komputer, misalnya: internet. DNS menyediakan alamat IP untuk setiap nama host dan mendata setiap server transmisi surat (mail exchange server) yang menerima surat elektronik (email) untuk setiap domain. DNS ini melakukan encode atau menerjemahkan dari domain google.com ke dalam bentuk deretan angka unik yaitu berupa IP misal google.com IP nya adalah 208.67.219.231. Jadi bila kita masukan 208.67.219.231 pada browser maka juga akan membuka domain google.com tersebut. Deretan angka IP seperti 174.36.138.32. IP inilah yang digunakan mesin internet untuk saling berkomunikasi seperti server domain, server proxy, dan sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar